Text Widget

Recent Posts

Download

Ads 468x60px

Social Icons

Arsip Blog

Minggu, 27 Oktober 2013

KEILMUAN DAN KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Oleh: Mustaji
Dosen Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya, email: mustaji_2005@yahoo.com
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.
Abstrak
Teknologi pendidikan (TP) adalah proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan manusia, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola pemecahan masalah belajar(AECT 1977). Pemecahan masalah belajar dalam perspektif TP- menggunakan sumber belajar. Analisis masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi pemecahan masalah melalui kegiatan pengembangan pendidikan. Koordinasi satu fungsi atau lebih (riset,teori, disain dst) melalui pengelolaan pendidikan

Pengembangan Penelitian Teknologi Pendidikan

Pendahuluan
            Selama ini penelitian bidang TEP dipandang sebagai suatu bidang yang kajiannya memfokuskan pada inovasi dan teknologi atau media yang berupa produk. Mengingat perhatiannya hanya pada bidang tersebut, penelitian TEP terasa kering dan kurang mendapat dukungan. Hal ini disebabkan oleh kurang dipahaminya metodologi penelitian yang digunakan terutama yang berkenaan dengan tipe atau model rancangan penelitian yang dipilih.